• Sudah saatnya cita-cita kesuksesan diganti dengan cita-cita pengabdian. (Albert Einsten)
Tuh gaes, jangan mudah putus asa. Jadikan kegagalan ini adalah jalan lain menuju takdir yang lebih baik. Nih, mimin ceritain kisah sedih dan gokil tentang kegagalan CPNS. Yang sedih dulu ya... biar ditutup dengan senyum semangat nantinya...

1. 
Amin Setiawan (27) adalah warga Purwosari, Kec. Metro Utara, Lampung yang membunuh diri dengan cara menggantung diri di pohon rambutan belakang rumahnya pada Maret 2014. Amin diduga meminjam uang dalam jumlah besar untuk membantunya lolos CPNS. Namun, dirinya tak berhasil lolos. Tertekan dan tak sanggup membayar hutang, ia memutuskan untuk mengakiri hidupnya. 

2. 
Ridwan (32) bunuh diri di rumahnya sendiri, di Kelurahan Buni Harapan, Kec. Bacukiki, Pare-pare, Sulawesi Selatan. Ia diduga depresi karena tak kunjung mendapatkan SK PNS meski sudah dinyatakan lulus oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) kategori pegawai honorer K2. Ia mengaku tertekan karena rekan-rekannya yang juga lolos CPNS kategori honorer K2 sudah mendapatkan SK PNS dari walikota. 


3. 
Siti Nurliyana (48) bersama adiknya Janter Purba (37) dikurung oleh orangtuanya karena mengalami gangguan jiwa dan dianggap membahayakan masyarakat. Siti mulai mengidap gangguan jiwa ketika usia 19 tahun ia gagal menjalani tes CPNS. Ia sempat dirawat di rumah sakit namun biaya yang mahal membuat orangtuanya memutuskan untuk merawat Siti di rumah. Tak disangka, wanita ini justru sering mengamuk bahkan melukai warga lain sehingga orangtuanya memasung Siti. Sementara, adiknya, Janten Purba, mengalami gangguan jiwa dengan alasan yang kurang jelas.

4. 
Vino Lengkong adalah warga Desa Koha Jaga, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Menurut pengakuan orang tuanya, Vino diduga bunuh diri karena sudah 5 kali tes CPNS dan selalu gagal. Kegagalan kelimanya membuat Vino benar-benar terpukul, beberapa hari sebelum bunuh diri, Vino terlihat murung dan mengatakan tak ingin hidup lagi. Orang tuanya pun menasihati agar dirinya kuat dan berusaha mencari pekerjaan lain karena PNS bukan satu-satunya profesi yang bisa ia geluti. Tapi apa daya, Vino terlanjur kecewa. Pada 24 Januari  2011, pagi hari, korban memutuskan untuk gantung diri menggunakan tali plastik yang diikatkan di dahan pohon pala yang ada di perkebunan tanah merah (disebut rangdang). Tubuhnya ditemukan warga pada sore harinya, pukul 15.30 WITA, ketika sekelompok anjing melolong melihat mayatnya tergantung di atas tanah.

5.
Lelaki berusia 31 tahun, Dimas Kirana Mulya, memilih untuk bunuh diri pada Jumat (13/10/2017). Dimas mati mengenaskan. Ia terjun dari atas gedung apartemen Parkland Avenue, Tangerang Selatan hingga kedua tangan, leher, dan tubuh masuk ke dalam lobang pot pohon buatan.
Saat ditemukan, korban sudah tak bernyawa. Bunuh diri Dimas diduga karena tidak lolos tes CPNS yang diadakan 2017 lalu setelah ia tujuh kali juga gagal tes CPNS. Pria yang pernah berprofesi sebagai guru honorer dengan gaji 1 juta rupiah per bulan ini mengatakan sudah tidak kuat menjalani hidupnya lagi.

Itu beberapa contoh korban yang mengakhiri hidupnya karena gagal menjadi PNS. Tak dipungkiri, PNS memang menjadi cita-cita sebagian besar orang karena berbagai hal, mulai dari jaminan kesejahteraan, hingga status sosial yang lebih tinggi di masyarakat. Meksi begitu, bukan berarti tidak ada profesi lain yang lebih baik. Gagal CPNS bukan berarti kita kehilangan harapan untuk mendapatkan yang lebih baik, bukan?

Nahh... itukan yang tragis kan yaaa... sekarang biar mimin ceritain juga kisah lucu dibalik kegagalan CPNS kemarin... 

1. Si Agan tes CPNS nyambi jualan gorengan nihh... 

2. Dilan ndaftar CPNS juga toh....
3. Gagal CPNS karena salah aplod sertifikat ijasah..
4. Dapat wangsit pas gagal CPNS, jadi dukun bayi kayaknya okee...
5. Gagal CPNS langsung buta huruf....w k w k
6. Tetap rendah hati meski gagal CPNS...
7. Pulang tes langsung konser nyanyi bareng anak TK...
Sekian dulu dari mimin yak gaes, jangan bersedih. Badai pasti berlalu, tapi nanti datang lagi, w k w k,, tetaplah waspada dengan keputusasaan yang memperburuk kesehatan jiwa ragamu.