Kurang tidur merupakan penyebab dari berbagai menurunnya fungsi tubuh, mulai dari konsentrasi yang rendah hingga daya tahan tubuh melemah. Walau demikian, bukan berarti kita harus mengandalkan obat tidur ketika susah tidur alias insomnia menyerang. Penyebab insomnia yang paling umum adalah kecemasan, stres, dan kebiasaan tidur yang buruk. " Insomnia kronis memengaruhi sekitar 6-7 persen pria berusia 20-40 tahun," kata Hrayr Attarian, Direktur Medis Sleep Gorders Center, AS. Banyak pria mengonsumsi obat tidur untuk tidur. Namun, hal ini tak direkomendasikan sebagai pertolongan pertama pada insomnia. Obat tidur juga tergolong obat keras yang harus diresepkan oleh dokter. Sebelum tergoda untuk mencoba obat tidur, ketahui cara-cara sederhana tapi efektif untuk mengatasi insomnia:

Apa Penyebab Insomnia?

Insomnia adalah kondisi saat seseorang mengalami kesulitan untuk tidur, mempertahankan tidur, sehingga hanya tidur sebentar atau tidur dengan kualitas buruk. Kondisi ini biasanya juga disertai dengan gangguan fungsional saat bangun tidur, seperti sakit kepala. Hal tersebut tentu sangat mengganggu aktivitas dan membuat Anda terlihat lemas dan mengantuk sepanjang hari.
Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui penyebab insomnia. Adapun beberapa penyebabnya, yaitu:
  • Stres: Stres dapat menjadi salah satu faktor yang menyebabkan seseorang dapat terkena insomnia. Bagi mereka yang mengalami stres, sulit untuk tertidur walaupun kondisi fisik mereka sudah kelelahan. Hal tersebut dikarenakan tekanan yang ada di pikiran mereka yang membuatnya selalu terjaga sepanjang malam.
  • Depresi:  Penyebab insomnia yang selanjutnya adalah depresi. Depresi membuat seseorang merasa putus asa atau memiliki perasaan emosional datar. Hal tersebut yang membuat penderita depresi sulit untuk tertidur dan akhirnya mengalami insomnia.
  • Perasaan cemas atau khawatir yang berlebihan: Kecemasan atau kekhawatiran juga dapat menyebabkan insomnia. Sebagian besar orang yang memiliki tingkat kecemasan tinggi, maka biasanya menderita insomnia.
  • Kondisi medis: Beberapa kondisi medis, seperti asma, kanker, sleep apnea, dan gangguan lainnya juga dapat menyebabkan insomnia.
  • Masalah psikologis:  Masalah psikologi yang dialami seseorang, seperti pengalaman trauma bisa juga menjadi penyebab insomnia.
Kira-kira, beberapa penyebab di atas sedang Anda alami atau tidak? sebaiknya Anda siapkan kertas dan ballpoin untuk mencatat hal-hal apa saja yang membuat Anda susah tidur. Lebih lanjut, simak penjelasan lengkap tentang penyebabnya disini: Penyebab Insomnia yang Membuat Anda Susah Tidur.
OBATNYA???

Bagaimana Cara Mengatasi Insomnia ?

Ada banyak cara yang dapat Ana lakukan untuk mengatasi insomnia. Berikut ini kami jelaskan caranya agar Anda dapat segera menikmati tidur nyenyak di malam hari. Caranya, yaitu:

1. Buat Diri Anda Nyaman

Buat diri Anda nyaman merupakan salah satu cara mengatasi insomnia.  Pastikan Anda merasa nyaman ketika hendak tidur. Dengan begitu, Anda akan lebih cepat tertidur dan terbebas dari insomnia. Ada beberapa cara untuk membuat diri Anda nyaman, yaitu:
  • Tidur dengan lingkungan atau keadaan kamar yang sepi (tidak berisik).
  • Tidurlah di tempat tidur yang bersih dan nyaman.

2. Tenangkan Diri Anda

Saat hendak tidur, Anda harus memiliki lingkungan dan suasana yang tenang dan damai untuk menghilangkan kejenuhan dan kekacauan yang ada di pikiran Anda selama bekerja atau beraktivitas. Anda bisa mendapatkan ketenangan dengan melakukan hal-hal berikut ini:
  • Mendengarkan musik dengan alunan yang tenang (tempo lambat).
  • Matikan semua dering ponsel atau suara lainnya yang dapat membuat Anda terganggu.

3. Atur Tempat Tidur Anda

Kondisi kasur atau tempat tidur dapat memengaruhi kualitas tidur Anda. Mungkin hal tersebut terdengar sepele, namun hal tersebut dapat membantu Anda mengatasi insomnia.
Tidur di atas kasur yang keras biasanya membuat Anda sulit untuk tidur. Begitu juga, dengan ukuran bantal yang terlalu kecil, sehingga membuat leher dan kepala Anda tidak nyaman dan sulit untuk terlelap. Jadi, atur kualitas tempat tidur Anda untuk mengatasi insomnia, seperti di bawah ini:
  • Pastikan kasur atau tempat tidur yang Anda gunakan empuk dan lembut.
  • Bantal tidur juga harus cukup besar untuk menopang kepala dan leher dengan nyaman.
Disamping itu pilihlah posisi tidur yang sehat agar Anda segar keesokan harinya.

4. Kondisi Kamar Gelap

Bagi sebagian orang, tidur dalam keadaan gelap akan membuatnya lebih cepat tidur dan nyenyak. Hal ini juga dapat dijadikan solusi bagi Anda yang menderita insomnia, caranya sebagai berikut:
  • Matikan semua lampu kamar Anda, sehingga memungkinkan mata Anda lebih cepat terlelap.
  • Mematikan lampu juga membantu pikiran untuk mengurangi kewaspadaan dan membuat lebih cepat tidur.
  • Bagi Anda yang takut gelap, Anda cukup membuat kamar lebih temaram dengan menghidupkan lampu kecil.

5. Buatlah Aturan di Kamar Anda

Cara mengatasi insomnia selanjutnya adalah dengan membuat beberapa aturan dalam kamar Anda. Pastikan kamar memiliki beberapa aturan sebelum tidur, seperti:
  • Tidak boleh mengobrol.
  • Tidak ada televisi (tidak boleh menghidupkan televisi).
  • Tidak ada melakukan aktivitas, seperti menelpon dan bermain game.
  • Tidak ada makanan.

6. Kurangi Mengonsumsi Kafein

Jika Anda menderita insomnia, maka cara terbaik adalah dengan mengurangi konsumsi kafein di malam hari. Cara mengatur konsumsi  kafein di malam hari, yaitu:
  • Konsumsi kafein minimal dua jam sebelum tidur.
  • Kafein dapat menimbulkan kecemasan dan mengurangi kualitas tidur Anda.
  • Maksimal mengonsumsi kafein sebanyak dua cangkir per hari.

7. Hindari Konsumsi Alkohol

Bagi Anda penderita gangguan tidur, seperti insomnia. Salah satu cara mengatasi insomnia adalah dengan menghindari konsumsi alkohol, terutama pada malam hari. Ada beberapa alasan kenapa alkohol membuat Anda susah tidur, yaitu:
  • Alkohol dapat merusak pola tidur Anda.
  • Meskipun alkohol diketahui memiliki efek sedatif, namun efeknya dapat membuat Anda sulit untuk tidur.

8. Menjaga Pola Tidur

Penting untuk menjaga pola tidur setiap harinya, terutama jika seseorang lebih rentan terkena insomnia. Seseorang yang tidur lebih awal, maka akan memiliki pola tidur yang baik setiap harinya. Sebaliknya, orang yang sering tidur larut malam, akan memiliki pola tidur yang buruk dan mudah terkena insomnia. Cara menjaga pola tidur Anda, yaitu:
  • Peting untuk mengatur dan menjaga waktu tidur yang efektif bagi Anda.
  • Usahakan bangun tidur pada jam yang sama setiap harinya, maka rutinitas keseharian Anda akan tetap terjaga.