Ad Code

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Efek Ideomotor : KENAPA JAELANGKUNG BISA BERGERAK SENDIRI?


Efek ideomotor adalah fenomena dimana subjek membuat gerakan sadar ; misalnya, tubuh memproduksi air mata dalam menanggapi emosi yang kuat, tanpa orang sadar memutuskan untuk
menangis.atau kekuatan sugesti menyebabkan otot-otot kita untuk bergerak secara
tidak sadar reaksi ideomotor sering di kait kaitkan dengan sebuah fenomena yg di sebut mistik dan supranatural.karena subjek(pelaku) yang tidak yakin bahwa tindakan mereka berasal semata-mata dari dalam diri mereka sendiri.


Ouija board (di percaya mendatangkan hantu) papan Ouija adalah papan permainan dengan huruf, angka, dan kata-kata "ya," "tidak," dan "selamat tinggal" yang tercetak di atasnya. Sebuah perangkat 3-berkaki dengan lubang di tengah atau pointer dari beberapa macam (disebut planchettea) ditempatkan di papan tulis. Pemain menempatkan jari-jari mereka pada pointer dan mengajukan pertanyaan yang memiliki jawaban ya atau tidak, atau yang dapat dijawab dengan angka atau kata-kata yang dieja oleh huruf.

Ada beberapa hal-hal aneh tentang permainan ini. Para pemain tidak saling bertanya. Mereka meminta hantu untuk bergabung dengan mereka dan menjawab pertanyaan mereka. Pointer bergerak di bawah jari-jari mereka. Para pemain merasa yakin mereka tidak bergerak. dalam permainan tsb.mereka meyakini bahwa tangan mereka di tuntun oleh hantu ,hantu menjawab tiap pertanyaan yg merka tanyakan .padahal sesungguhnya mereka telah mengalami ideomotor effect ,bukan hantu yg menggerakan tangan mereka.

Jalangkung

jalangkung adalah sebuah permainan yg hampir sama dengan papan ouija .hanya di jalangkung tiap orang memegang sbuah boneka dari rakitan tangan, hngga berbentuk sedemikian rupa kaya tubuh orang yang terbuat dari kayu dan di kasih baju .

Permainan jalangkung di percaya di gerakan oleh hantu. Bukan pemainya sendiri yg menggerakan. padahal sebenarnya bukan karena hantu bneka tsb bergerak gerak. Dalam ksus permainan Jelangkung, yang menjadi sasaran adalah otot tangan sehingga seperti mampu bergerak tanpa diperintah. Dan itu smua hanya adanya efek ideomotor.


Reactions

Post a Comment

0 Comments